Tanggal 7 Januari 2013 awal yang baik bagi saya.Bagaimana tidak,dulu pernah bermimpi untuk bisa sekolah menuntut ilmu sebanyak-banyaknya.Bisa belajar banyak hal dan melakukan banyak hal dengan ilmu yang didapat dengan baik ,tapi kandas karena biaya.Sekarang di tanggal 7 Januari , saya mulai masuk kelas yang diadakan oleh UCDE.Dan tentu saja hal ini membuatku sangat senang,optimis dan bahagia sekali.Saya bertekad untuk mengikuti pembelajaran ini samapi akhir.Dengan prioritas "berusaha mengerti dan memahami apa yang diajarkan dan kemudian mengaplikasikannya dalam usaha yang dijalani nantinya dengan sentuhan kekreatiafan dan inovasi".Dengan harapan semua itu bisa menunjang tingkat keberhasilan yang lebih baik dan semoga ALLAH memperkenankannya.
(Jangan berisik !!! Lagi Take Quiz nih) |
Pada minggu pertama ini banyak yang dipelajari terutama mengenai apakah ritel itu?Ritel adalah keseluruhan aktivitas bisnis yang terkait dengan penjualan dan pemberian layanan kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya.Industri ritel di Indonesia masih sangat menjanjikan.Tingkat pertumbuhannya sendiri berada di kisaran 4,5 % -5% selama kurun waktu 2012-2015,bahkan diperkirakan pertumbuhan ritel di Indonesia akan lebih kuat dibanding Jepang,Korsel dan Australia walau masih dibawah China.Jadi tunggu apalagi,kalau bukan segera memanfaatkan peluang besar ini.
Namun semua itu ada caranya,ada ilmunya dalam menjalankan bisnis ritel ini.Sebab bisnis ritel terus berubah seiring dengan banyaknya jumlah penduduk,perkembangan usaha,teknologi dan kebutuhan konsumen.Sebab itu pengelolaan bisnis ritel membutuhkan kesiapan pengelolaan yang detail dalam semua aspek usaha ritel,mulai dari perencanaan bisnis,operasional harian,monitoring kerja karyawan,stok barang,riset konsumen,mengenali /mengatasi pesaing dan lain sebagainya.Agar dapat menjalankan konsep retail is detail tersebut diperlukan adanya Strategi Ritel yang membantu manajemen/pemilik usaha berpikir dan bertindak secara detail.Retail Mix/Bauran Ritel menjadi salah satu solusi utuk memberi panduan dalam menjalankan usaha ritel.Bauran ritel ini terdiri dari berbagai komponen-komponen yang bisa mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian.Bauran ritel terdiri dari 7 komponen yaitu Manajemen lokasi,Manajemen Harga,Manajemen Stok Barang,Manajemen layanan jasa,Manajemen desain dan layout,Manajemen suasana dan manajemen komunikasi (Cuplikan diagaram, disamping).Kesemua komponen ini harus saling bekerja optimal dan maksimal demi kelancaran usaha ritel yang dimiliki.Kelemahan dalam satu sisi manajemen ritel saja,akan membuat Peritel menglami kendala dalam memacu usahanya terutama dalam menghadapi permintaan pasar dan dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat.Namun masalah ini kebanyakan dihadapi bagi peritel yang membuka usahanya tanpa konsep/manajemen strategi yang baik.Maka untuk menghindari ini,belajar itu perlu.Agar hasilnya maksimal.Belajar kapanpun,dimanapun,dengan siapapun,dan tanpa mengenal batasan usia. Waktu dan kesempatan, keduanya adalah hal yang sangat berguna.Berusaha memanfaatkannya dengan baik adalah hal yang terindah.Maka jangan sia-siakan keduanya (Tanamku dalam hati),kalau tidak ingin tersia-sia.Salam sukses untuk semua Teman-teman PER dan terimakasih kepada Pak Nur Agustinus,Pak Teddy dan Bu Poedji yang selalu membimbing kami semua dalam pembelajaran ini.
Mbak Misi, Blog nya bagusss isi dan temanya. saya harus banyak belajar dari Mbak Misi nich hehe...tetap semangat ya Mbak Q
BalasHapusAch biasa saja nih Mbak Endri,aku juga belajar banyak dari Mbak hehehe...........tetap semangat juga.
HapusBelajar jarak jauh memungkinkan siapa saja bisa belajar... yang penting semangat jangan sampai kendor... Saya yakin Misi Giardi, suatu saat kelak, akan menjadi orang sukses!
BalasHapusYa Pak,ini tetap semangat.Aamiin......terimakasih Pak Nur.
Hapus