Rabu, 30 Januari 2013

JR#3# SERIUS,AKU MAU MEMILIHMU !!!

   Alhamdulillah memasuki minggu ketiga,meski lagi gak enak badan namun tetap semangat dalam belajar Entrepreneur di UCDE.Paling-paling abis minum obat bisa teparrrr duluan sementara laptop masih nyala hehe..(Saking gak kuat nyongggo sirah).Mengasyikan dalam belajar ini,walau tidak bertemu bapak Dosen secara langsung,namun kami yang mengikuti distance learning ini selalu semangat belajar dan berdiskusi tentang pelajaran.Biar tidak ketinggalan sepur hehe..apalagi minggu ini juga di suguhkan diskusi-diskusi hangat di group  facebook PER,jadi tambah seru dan semangat deh jadinya. 
   
 Minggu ketiga belajar mengenai memilih lokasi dan analisis SWOT (Strength,Weakneses,Opportunity,Threat).Memilih lokasi merupakan hal yang penting bila bisnis yang dijalani terus ingin maju terutama bagi bisnis yang berhubungan langsung dengan konsumen.Menurut pak Nur Agustinus dosen kami,lokasi memiliki kontribusi yang sangat penting terutama bagi pelaku toko ritel karena usahanya berhubungan langsung dengan pelanggan,jadi para pelanggan akan mencari tempat berbelanja yang memudahkan mereka"Lokasi geografis merupakan keunggulan kompetitif sebuah bisnis".Analisis SWOT merupakan metode analisis perencanaan strategi (Strategic Planning)bisnis/perusahaan sehingga menghasilkan kesimpulan yang berguna untuk memberi masukan terhadap apa yang sebaiknya dilakukan terlebih dulu oleh pengambil keputusan,yang terdiri dari faktor internal(kekuatan,kelemahan) dan faktor eksternal (peluang,ancaman).Analisis ini akan lebih baik bila diikuti dengan analisis PEST (Political.Economy,Sosial/Sociocultural,technologi).
Tujuan dari analisis SWOT adalah :
1.Memanfaatkan keuntungan dari kekuatan yang dimiliki dan kesempatan yang ada.
2.Meminimalisasi kelemahan dan mengeliminasi ancaman.

My employer,
Kemana dan dimanapun selalu mesra,xixi..
   Kali ini saya tidak jauh-jauh dalam menganalisis,yaitu apa yang ada didekat saya dan saya alami yang saya analisis,salah satunya dalam memilih bos sehingga aku seius mau  memilih bos ku yang ini.Pengalaman pribadi nih hehehe...latihan analisis.

Analisis SWOT & PEST
Faktor Internal:
1.Strength (S) 
S1:Lokasi rumah strategis,dekat MTR jadi  kalau mau pergi liburan transportasinya ndak ribet.
S2: Ramah,sabar tidak cerewet dan bersahabat.
S3:Disiplin dan tidak suka bayar telat.
S4:Tidak mau underpayment (membayar gaji dibawah standart).
S5:Mempunyai kamar sendiri.
S6:Boleh pake Hp/Laptop




2.Weaknesess (W)
W1:Daerahnya lebih dingin bila musim dingin dan lebih panas bila musim kemarau sebab didaerah pinggiran dan dekat laut.
W2:Bos cewek Pendiam puooollll,kalau ndak ditanya banyak diamnya.Kebanyakan ngobrol dengan bos yang laki.
W3:Selalu sepi dirumah sebab sama si mbah doank,jam 6 am dah pada berangkat kerja.
W4:Kalau harga-harga lagi naik,pusing mengatur uang belanja.

Faktor eksternal
3.Opportunity (O)
O1:Adanya hukum dan peraturan dihongkong yang baik membuat suasana jadi nyaman,apalagi si bos orang yang taat hukum dan aturan.
O2:Libur tiap minggu dan public holiday.
O3:Suami istri adalah Guru jadi saya dianjurkan untuk belajar dan banyak membaca buku dirumah bila mereka pergi agar tidak bengong dan melamun katanya...hehe
O4:Tidak banyak kerjaannya,sehingga lebih banyak baca-baca buku walaupun saat bos dirumah.
O5:Memberi kebebasan dalam mengatur menu dan uangbelanja yang mereka beri pada saya,ini membuat saya terlatih untuk mengelola keuangan agar hemat namun kebutuhan tercukupi.

4.Threat (T)
T1:Adanya isu kalau gaji BMI akan dikenakan pajak.
T2:Interminit /kontrak diputus

Analisis Matriks SWOT
Dari analisis diatas maka saya kemudian membuat beberapa strategi yang terdiri dari
Strategi S-O :
1.Belajar lagi menambah skill dan knowledge untuk memperbaiki kwalitas diri baik untuk diri  sendiri maupun untuk kerja dimajikan yang sedang diikuti.
2.Karena banyak waktu luang,ikut belajar dan training saat libur salah satunya mengikuti
 UCDE ritel,Sehingga sewaktu-waktu pulang sudah siap.
Strategi W-O:
3.Banyak bertanya dan pandai mengambil hati majikan misal membuat menu-menu kesukaannya
Strategi S-T:
4.Tidak terpengaruh adanya isu-isu dan pergaulan bebas yang membuat si bos tidak suka.Mengutamakan kemampuan untuk memberikan yang terbaik dalam bekerja.
Strategi W-T:
5.Selalu menjalin komunikasi dan keakraban agar tidak terjadi salah paham dan salah pengertian dan terbuka.Supaya tidak terjadi yang namanya break kontrak.

Menyongsong kilaunya masa depan
  Dari beberapa analisis dan strategi ini saya memprioritaskan untuk fokus menambah skill dan knowledge baik saat belajar di UCDE ataupun belajar yang lain dengan tujuan selain bisa menambah luasnya wawasan dan kwalitas diri sehingga siap mandiri saat pualng di Indonesia sebab bekerja di Hongkong hanya sebagai jembatan untuk menuju masa kilaunya masa depan.Juga bisa menambah dan memperbaiki apa yang kurang selama ini dalam saya bekerja dengan majikan sehingga sibospun makin sayang.Istilahnya sambil bekerja juga belajar,gitu dech.

  Semakin hari semakin berbobot pelajaran yang diberi dan semakin otak ini berisi dan tersetting dengan mindset apa sesungguhnya entrepreneur itu,bagaimana memulai dan mewujudkannya.Semangat pagi sahabat semua,semoga segala aktivitas dan cita-cita kita semua beroleh kemudahan dalam mewujudkannya.



3 komentar:

  1. Balasan
    1. Ach biasanya saja.Mb Zee lebih hebat tuh ....kayaooooo ya.

      Hapus
  2. Bagussss,,,teruskan menulisnya supaya semua bisa terinspirasi dan termotivasi.....siip...good luck......

    BalasHapus