Rabu, 30 Januari 2013

JR#3# SERIUS,AKU MAU MEMILIHMU !!!

   Alhamdulillah memasuki minggu ketiga,meski lagi gak enak badan namun tetap semangat dalam belajar Entrepreneur di UCDE.Paling-paling abis minum obat bisa teparrrr duluan sementara laptop masih nyala hehe..(Saking gak kuat nyongggo sirah).Mengasyikan dalam belajar ini,walau tidak bertemu bapak Dosen secara langsung,namun kami yang mengikuti distance learning ini selalu semangat belajar dan berdiskusi tentang pelajaran.Biar tidak ketinggalan sepur hehe..apalagi minggu ini juga di suguhkan diskusi-diskusi hangat di group  facebook PER,jadi tambah seru dan semangat deh jadinya. 
   
 Minggu ketiga belajar mengenai memilih lokasi dan analisis SWOT (Strength,Weakneses,Opportunity,Threat).Memilih lokasi merupakan hal yang penting bila bisnis yang dijalani terus ingin maju terutama bagi bisnis yang berhubungan langsung dengan konsumen.Menurut pak Nur Agustinus dosen kami,lokasi memiliki kontribusi yang sangat penting terutama bagi pelaku toko ritel karena usahanya berhubungan langsung dengan pelanggan,jadi para pelanggan akan mencari tempat berbelanja yang memudahkan mereka"Lokasi geografis merupakan keunggulan kompetitif sebuah bisnis".Analisis SWOT merupakan metode analisis perencanaan strategi (Strategic Planning)bisnis/perusahaan sehingga menghasilkan kesimpulan yang berguna untuk memberi masukan terhadap apa yang sebaiknya dilakukan terlebih dulu oleh pengambil keputusan,yang terdiri dari faktor internal(kekuatan,kelemahan) dan faktor eksternal (peluang,ancaman).Analisis ini akan lebih baik bila diikuti dengan analisis PEST (Political.Economy,Sosial/Sociocultural,technologi).
Tujuan dari analisis SWOT adalah :
1.Memanfaatkan keuntungan dari kekuatan yang dimiliki dan kesempatan yang ada.
2.Meminimalisasi kelemahan dan mengeliminasi ancaman.

My employer,
Kemana dan dimanapun selalu mesra,xixi..
   Kali ini saya tidak jauh-jauh dalam menganalisis,yaitu apa yang ada didekat saya dan saya alami yang saya analisis,salah satunya dalam memilih bos sehingga aku seius mau  memilih bos ku yang ini.Pengalaman pribadi nih hehehe...latihan analisis.

Analisis SWOT & PEST
Faktor Internal:
1.Strength (S) 
S1:Lokasi rumah strategis,dekat MTR jadi  kalau mau pergi liburan transportasinya ndak ribet.
S2: Ramah,sabar tidak cerewet dan bersahabat.
S3:Disiplin dan tidak suka bayar telat.
S4:Tidak mau underpayment (membayar gaji dibawah standart).
S5:Mempunyai kamar sendiri.
S6:Boleh pake Hp/Laptop




2.Weaknesess (W)
W1:Daerahnya lebih dingin bila musim dingin dan lebih panas bila musim kemarau sebab didaerah pinggiran dan dekat laut.
W2:Bos cewek Pendiam puooollll,kalau ndak ditanya banyak diamnya.Kebanyakan ngobrol dengan bos yang laki.
W3:Selalu sepi dirumah sebab sama si mbah doank,jam 6 am dah pada berangkat kerja.
W4:Kalau harga-harga lagi naik,pusing mengatur uang belanja.

Faktor eksternal
3.Opportunity (O)
O1:Adanya hukum dan peraturan dihongkong yang baik membuat suasana jadi nyaman,apalagi si bos orang yang taat hukum dan aturan.
O2:Libur tiap minggu dan public holiday.
O3:Suami istri adalah Guru jadi saya dianjurkan untuk belajar dan banyak membaca buku dirumah bila mereka pergi agar tidak bengong dan melamun katanya...hehe
O4:Tidak banyak kerjaannya,sehingga lebih banyak baca-baca buku walaupun saat bos dirumah.
O5:Memberi kebebasan dalam mengatur menu dan uangbelanja yang mereka beri pada saya,ini membuat saya terlatih untuk mengelola keuangan agar hemat namun kebutuhan tercukupi.

4.Threat (T)
T1:Adanya isu kalau gaji BMI akan dikenakan pajak.
T2:Interminit /kontrak diputus

Analisis Matriks SWOT
Dari analisis diatas maka saya kemudian membuat beberapa strategi yang terdiri dari
Strategi S-O :
1.Belajar lagi menambah skill dan knowledge untuk memperbaiki kwalitas diri baik untuk diri  sendiri maupun untuk kerja dimajikan yang sedang diikuti.
2.Karena banyak waktu luang,ikut belajar dan training saat libur salah satunya mengikuti
 UCDE ritel,Sehingga sewaktu-waktu pulang sudah siap.
Strategi W-O:
3.Banyak bertanya dan pandai mengambil hati majikan misal membuat menu-menu kesukaannya
Strategi S-T:
4.Tidak terpengaruh adanya isu-isu dan pergaulan bebas yang membuat si bos tidak suka.Mengutamakan kemampuan untuk memberikan yang terbaik dalam bekerja.
Strategi W-T:
5.Selalu menjalin komunikasi dan keakraban agar tidak terjadi salah paham dan salah pengertian dan terbuka.Supaya tidak terjadi yang namanya break kontrak.

Menyongsong kilaunya masa depan
  Dari beberapa analisis dan strategi ini saya memprioritaskan untuk fokus menambah skill dan knowledge baik saat belajar di UCDE ataupun belajar yang lain dengan tujuan selain bisa menambah luasnya wawasan dan kwalitas diri sehingga siap mandiri saat pualng di Indonesia sebab bekerja di Hongkong hanya sebagai jembatan untuk menuju masa kilaunya masa depan.Juga bisa menambah dan memperbaiki apa yang kurang selama ini dalam saya bekerja dengan majikan sehingga sibospun makin sayang.Istilahnya sambil bekerja juga belajar,gitu dech.

  Semakin hari semakin berbobot pelajaran yang diberi dan semakin otak ini berisi dan tersetting dengan mindset apa sesungguhnya entrepreneur itu,bagaimana memulai dan mewujudkannya.Semangat pagi sahabat semua,semoga segala aktivitas dan cita-cita kita semua beroleh kemudahan dalam mewujudkannya.



Kamis, 24 Januari 2013

JR #2# Eh,Terbangun lagi...........!!

     Pelajaran pada minggu kedua sudah dimulai,modul bacaan sudah aku baca semua.Tapi mulai  minggu kedua ini,jadwalku di rumah bos jadi lumayan padat dari sebelumnya.Bagaimana tidak,sebelumnya siang hari bisa leluasa buka laptop,sekarang tidak.Karena ibu dari sinsangku (bos laki-laki) mulai minggu ini aku yang berkewajiban merawat dan menjaganya,setelah keluar dari rumah sakit.Namun aku bersyukur,bagian yang memandikan simbahku bukanlah aku,sebab simbah adalah orang yang paling berbobot diantara kami serumah alias badannya yang jauh lebih gedhe.Bos yang ku minta untuk memandikannya,karena aku khawatir bila dia jatuh jika aku yang mengerjakan.Terimakasih bos,kau penuhi permintaanku yang ini.hehe... Satu siang,aku suruh simbah untuk tidur.Biar aku bisa baca-baca modul bacaan di edmodo ,tanpa aku sadari tiba-tiba simbah yang tadi ku suruh tidur,berdiri di belakangku sambil teriak.Waaah mbah-mbah,hampir coplok jantungku.Setelah aku suruh simbah yang kembali jadi balita ini tidur kembali,aku berangkat ke toko stationarry untuk mengeprintkan bahan bacaan di Edmodo minggu kedua  di plaza dekat rumah.Sebab simbahku yang suka iseng bila ku buka laptop.

(SMART  WONDER LAGI DISKUSI)
"Erghh...Jam berapa ini?
Belajar dan belajar,pada minggu kedua ini kami dikasih tugas untuk dikerjakan secara berkelompok dan juga ada yang individu.Semuanya terasa menyenangkan dan mengasyikan,apalagi melihat keaktifan semua teman-teman anggota Smart Wonder,wow...tambah semangat jadinya.Yang selain diskusi kami juga saling support.Namun kadang saya selalu tidur duluan,baru belajar dan diskusi.Sebab aturan di rumah si boss yang tak boleh tidur malam-malam.Jam 20.00 pm Semua beres,masuk kamar"Jebret,langsung suruh tidur".Hadeww...Jadi buka laptopnya dipastikan ketika mereka sudah pada masuk kamar dulu.Nyalakan lampu lagi,buka laptop.Biar tidak kena marah hehe,dan dipastikan setiap malam pura-pura tidur dulu.Ah dikau bos,mau belajar  saja main sembunyi selalu denganmu.Untung juga diskusinya setelah para boss ku  ini sudah masuk kamar.Jadi bisa tenang deh.

     Minggu kedua ada tiga topik utama yang menjadi kajian di pembelajaran kami.Efektuasi ,Inovasi dan Peluang ,dan Retail is Detail.Ritel harus memperhatikan semuanya dengan detil,sebab detil itu penting terutama untuk usaha ritel.Ada tiga poin kenapa detil itu penting.Pertama,Memperhatikan detil = hadir saat ini.Diperhatikannya masalah detil ini adalah bukti dari kehadiran kita sebagai pemilik ritel tersebut.Kedua,Memperhatikan detil=perbaikan seketika.Memperhatikan bahwa segala sesuatunya baik secara detil berarti kita tidak menngzinkan adanya kerusakan sekecil apapun,artinya ada perbaikan seketika.Ketiga,Memperhatikan detil=Membuat lebih sedikit kesalahan,ongkos lebih rendah.Contoh,perawatan aset-aset perusahaan misalnya mesin yang memang butuh perawatan rutin menjamin mesin beroperasi dengan baik sehingga bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

     Effectuation process merupakan proses yang dimulai dengan apa yang dimiliki seseorang(siapa mereka,apa yang mereka tahu,siapa yang mereka tahu)lalu memilih diantara hasil yang mungkin dicapai.sedang causation process merupakan sebuah proses yang dimulai dengan hasil yang diinginkan dan berfokus pada cara untuk mendapat hasil tersebut.Menurut pofesor Saras sarasvathy tentang efektuasi adalah bukan untuk menyatakan bahwa cara tersebut lebih baik dalam proses pemikiran yang melibatkan kausa,tetapi hanya untuk memperlihatkan sebuah cara yang kadang kala dipikirkan oleh seorang pengusaha.Sarasvathy sendiri dengan jelas mendiskripsikan implikasi efektuasi untuk pengusaha dalam lima prinsip dasar yaitu pertama Patcwork quilt principle(tindakan yang berorientasi pada cara yang menekankan penciptaan suatu hal baru dengan cara yang ada daripada menemukan cara baru untuk mencapai tujuan tertentu).Kedua Affordable loss principle(Komitmen diawal terhadap kesediaan sesorang untuk menanggung kerugian daripada berinvestasi dengan mengalkulasi imbal hasil yang diharapakan dari suatu proyek).Ketiga,Bird in hand principle (Tindakan yang melibatkan negosiasi dengan setiap pihak berkepentingan yang bersdia memberi komitmen nyata pada proyek).Keempat,Lemonade principle(menyarankan untuk mengendalikan kejutan agar mendapatkan manfaat daripada menghindari dengan mengatasi atau beradaptasi dengan kejutan itu.dan yang terakhir Pilot in the plane principle(Menyarankan untuk mengandalkan dan bekerja dengan orang yang merupakan pemandu utama peluang dan tidak membatasi upya pengusaha untuk mengeksploitasi faktor-faktor yang berada di luar kendali individu.

     Inovasi merupakan kreatifitas yang disambut oleh pasar artinya inovasi tidak boleh sembarang unik atau berbeda namun merupakan kreatifitas yang harus disambut oleh pasar.Disini ada tiga ciri entrepreneur yaitu  memanfaatkan peluang(Opportunity), Berinovasi dan Pengambil Resiko(Risk).Peluang sendiri ada empat jenis yaitu Opportunity Recognition (peluang bisnis yang permintaannya sudah jelas,pasokan sudah jelas).Kedua Opportunity seeking(peluang bisnis yang permintaan tidak jelas,pasokan sudah jelas).Ketiga opportunity discovery(Peluang bisnisyang permintaan sudah jelas,pasokannya tidak jelas) dan keempatnya Opportunity creation( Peluang yang permintaan tidak jelas,pasokannyapun juga tidak jelas).Dari sekian opportunity/peluang ini yang paling tinggi tingkatan kretifitas seorang entrepreneur adalah opportunity creation.Ciri yang ketiga seorang entrepreneur adalah pengambil resiko yang terukur (Calculated Risk Taker).Mereka melakukan pengambilan resiko yang terukur dengan cara melakukan survei dan riset pasar untuk mengumpulkan informasi dengan tujuan pengambilan keputusan yang tepat.Kedua verifikasi asumsi  dan ketiga membuat perencanaan yang merangkum semua informasi,mendiskripsikan tujuan,target,strategi dan pengelolaan sumber-sumber untuk mencapai sasaran.

   Menciptakan bisnis dan menjalankannya bukanlah hal yang mudah,namun semua itu tak ada yang tidak mungkin untuk kita capai,asal kita selalu berusaha,berusaha dan berusaha untuk itu dan juga dengan melibatkan Sang Khalik,Yang Maha Pencipta yaitu Tuhan Yang Esa.Percaya dan yakin,bisa,bisa dan pasti bisa.Selalu optimislah lah pokoknya....!!Salam semoga sukses untuk semua teman-teman dalam pembelajaran ritel ini.Semoga kita semua BISA ,Aamiin.

     
  
                                                                                                                                                                         

Selasa, 15 Januari 2013

JR #1# " DUH ...BAHAGIANYA RASA DI HATIKU"

       Setiap dari kita (manusia) itu adalah  pembelajar kehidupan,kecuali orang yang abai.Tahapan demi tahapan dilaluinya sejak dilahirkan sampai kematiannya.Begitupun proses belajar ritel yang saya ikuti di Universitas Ciputra Distance Education ini.Pak Dosen kami mempersiapkanya dengan baik,adanya Astor ataupun tahap persiapan sebelum masuk kelas semua itu sangat membantu kami dalam mengikuti pembelajaran ini.Walaupun rasa khawatir sedikit juga ada,terutama keterbatasan waktu di rumah majikan.Namun aku juga bersyukur kedua majikanku adalah dua orang Guru  yang baik,Dan suka bila saya membaca buku di sela-sela bekerja saat istirahat siang hari.Tapi kalau buka laptop pastinya setelah semua pekerjaan selesai.Bagiku mengatur waktu adalah hal yang paling utama dalam mengikuti proses belajar ini.Banyak cerita dan pengalaman-pengalaman yang menarik sejak dimulainya belajar ini.Begitupun dengan kelompok kami Smart Wonder yang senantiasa terjalin keakraban dan kekompakan dimanapun berada.Baik saat online/jumpa darat.

     Tanggal 7 Januari 2013 awal yang baik bagi saya.Bagaimana tidak,dulu pernah bermimpi untuk bisa sekolah menuntut ilmu sebanyak-banyaknya.Bisa belajar banyak hal dan melakukan banyak hal dengan ilmu yang didapat dengan baik ,tapi kandas karena biaya.Sekarang di tanggal 7 Januari , saya mulai masuk kelas yang diadakan oleh UCDE.Dan tentu saja hal ini membuatku sangat senang,optimis dan bahagia sekali.Saya bertekad untuk mengikuti pembelajaran ini samapi akhir.Dengan prioritas "berusaha mengerti dan memahami apa yang diajarkan dan kemudian mengaplikasikannya dalam usaha yang dijalani nantinya dengan sentuhan kekreatiafan dan inovasi".Dengan harapan semua itu bisa menunjang tingkat keberhasilan yang lebih baik dan semoga ALLAH memperkenankannya.

(Jangan berisik !!! Lagi Take Quiz nih)
     Satu pengalaman yang tak terlupakan dan untuk tidak akan aku ulangi lagi  adalah saat Take Quiz.Semua pertanyaan sudah aku jawab dengan baik.Namun saat aku cek ulang,ada kata-kata yang menurutku kurang pas,jadi aku hapus.Ketika itu ada telepon dari Indonesia yang bikin aku kurang konsentrasi.Sehabis menerima telepon langsung aku submit,padahal belum aku tulis lagi jawaban yang tadi aku hapus. Selanjutnya,apa yang terjadi ?Nongol tulisan "you completed 9/10 question.Padahal gampang banget.Aduh...!!!Jadi malu pada diri sendiri.Hmmmmm...sedih ? Iya juga sih.Gara-gara mo keising (lupa).Tapi itu hanya sesaat.Larut dalam kesedihan,bakal rugi sendiri dech.Sedih dan bangkit lagi adalah pilihan.Lalu ngapain harus pilih yang sedih.Sebab tujuan dari belajar ini bukan hanya sekedar untuk pencarian nilai.Tapi ada yang jauh lebih penting dari itu.Inilah yang membuatku kembali semangat  untuk terus belajar,mewujudkan cita.Daripada terus memikirkan hal ini.

     Pada minggu pertama ini banyak yang dipelajari terutama mengenai apakah ritel itu?Ritel adalah keseluruhan aktivitas bisnis yang terkait dengan penjualan dan pemberian layanan kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya.Industri ritel di Indonesia masih sangat menjanjikan.Tingkat pertumbuhannya sendiri berada di kisaran 4,5 % -5% selama kurun waktu 2012-2015,bahkan diperkirakan  pertumbuhan ritel di Indonesia akan lebih kuat dibanding Jepang,Korsel dan Australia walau masih dibawah China.Jadi tunggu apalagi,kalau bukan segera memanfaatkan peluang besar ini.

     Namun semua itu ada caranya,ada ilmunya dalam menjalankan bisnis ritel ini.Sebab bisnis ritel terus berubah seiring dengan banyaknya jumlah penduduk,perkembangan usaha,teknologi dan kebutuhan konsumen.Sebab itu pengelolaan bisnis ritel membutuhkan kesiapan pengelolaan yang detail dalam semua aspek usaha ritel,mulai dari perencanaan bisnis,operasional harian,monitoring kerja karyawan,stok barang,riset konsumen,mengenali /mengatasi pesaing dan lain sebagainya.Agar dapat menjalankan konsep retail is detail tersebut diperlukan adanya Strategi Ritel yang membantu manajemen/pemilik usaha berpikir dan bertindak secara detail.Retail Mix/Bauran Ritel menjadi salah satu solusi utuk memberi panduan dalam menjalankan usaha ritel.Bauran ritel ini terdiri dari berbagai komponen-komponen yang bisa mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian.Bauran ritel terdiri dari 7 komponen yaitu Manajemen lokasi,Manajemen Harga,Manajemen Stok Barang,Manajemen layanan jasa,Manajemen desain dan layout,Manajemen suasana dan manajemen komunikasi (Cuplikan diagaram, disamping).Kesemua komponen ini harus saling bekerja optimal dan maksimal demi kelancaran usaha ritel yang dimiliki.Kelemahan dalam satu sisi manajemen ritel saja,akan membuat Peritel menglami kendala dalam memacu usahanya terutama dalam menghadapi permintaan pasar dan  dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat.Namun masalah ini kebanyakan dihadapi bagi peritel yang membuka usahanya tanpa konsep/manajemen strategi yang baik.Maka untuk menghindari ini,belajar itu perlu.Agar hasilnya maksimal.Belajar kapanpun,dimanapun,dengan siapapun,dan tanpa mengenal batasan usia. Waktu dan kesempatan, keduanya adalah hal yang sangat berguna.Berusaha memanfaatkannya dengan baik adalah hal yang terindah.Maka jangan sia-siakan keduanya (Tanamku dalam hati),kalau tidak ingin tersia-sia.Salam sukses untuk semua Teman-teman PER dan terimakasih kepada Pak Nur Agustinus,Pak Teddy dan Bu Poedji  yang selalu membimbing kami semua dalam pembelajaran ini.
              

Minggu, 06 Januari 2013

JELANG PEMBELAJARAN (Belanja Ilmu Entrepreneur Ke Mall)

     Hongkong adalah salah satu pusat perhatian Dunia .Sebab itu tak heran jika banyak sekali pusat-pusat perbelanjaan yang tersebar di berbagai wilayah Hongkong.Baik dipusat kota ataupun di daerah pinggiran Hongkong.Nah kebetulan tanggal 31 Desember 2012 kemarin Pak Nur,Dosen kami memberi pemanasan belajar sebelum kelas dimulai yaitu tanggal 7 Januari nanti,dengan jalan-jalan ke mall untuk survei.Melihat apa yang ada di mall tersebut dari kaca mata seorang Entrepreneur bukan sebagai pelanggan.Dan tentu ini semakin membuat saya tambah asyik untuk belajar,dengan hal-hal yang baru tentunya.
     Saat membaca tugas dari Pak Nur,dalam hatiku bergumam"kapan nih aku survei mall ya?Masa hari minggu nanti?mepet bangetlah kalau hari minggu baru survei,bisa-bisa malah telat nulis di blognya hehe". Kan tanggal 7 kelas sudah mulai.Akhirnya aku atur waktu  di rumah majikan agar hari biasa bisa melakukan survei ke Mall tanpa menunggu libur dulu.Hari itu rabu,kamis dan jum`at segala tugas rumah tangga dari majikan aku selesaikan dahulu.Agar bisa segera meluncur pergi ke Mall di daerah saya sekalian belanja.Maklum belum ada waktu libur untuk survei,jadi surveinya sekalian belanja.Dengan begitu aku punya waktu 3 hari walau disetiap harinya tidak bisa full jalan ke Mall,hanya sekitar 2jam lamanya.Jam 13.00 s/d 15.30 aku ke mall sekalian belanja.Belanjanya kurang lebih 1 jam,jadi untuk survei sendiri ada waktu satu setengah jam.Hari Rabu aku hanya berkeliling di dua tempat perbelanjaan yaitu Metrotown dan Choiming Shopping Center.Keduanya berada di daerah Tseung Kwan O.Hari rabu hanya berkeliling ke seluruh toko dan supermarket di mall dan jepret-jepret ambil foto.Hari kamis mulai mengamati dan hari jum`at mengamati hal-hal yang lebih detil toko-toko dan supermarket-supermarket di mall tersebut.
     Survei hari rabu dan kamis aku dapat teguran saat mengambil foto,karena terlihat membawa kamera dan mengambil foto didalam toko.Namun semua itu tidak menyurutkanku untuk mempelajari semuanya.Banyak sekali toko-toko dan beberapa supermarket yang aku masuki.Di Metrotown ada sekitar 100 an toko/service lainnya dengan rincian untuk Education ada 11,Beauty/personal care/health product ada17,Food and beverage ada 16,Supermarket dan Convenience Store ada 4,Fashion dan accesories ada 27,Household(Stationarry,Elektrical applicanse dan AV equipment) ada 12,Bank and service ada 15. Sedangkan di Choiming Shoping Centre ada 57 toko dan yang lainnya dengan rincian  Supermarket dan Convenience Store ada 5,Fashion/Accesories/shoes ada 12,Jewelry&Watches ada 5,Books &Stationarry ada 3,Furniture &Homeware ada 3,Personal care product &Service 7,Food&beverage 17 dan Electrical applicances & AV equipment ada 5.
     Dari sekian banyak toko-toko yang ada di Mall-mall tersebut rata-rata yang paling rame adalah dalam kategori  Food and Beverage.Saya sampai berfikir wah..masyarakat Hongkong ini selera makannya pada tinggi banget apa ya?Dimana-mana ada restaurant ataupun fast food selalu saja tak pernah sepi.Bahkan sampai rela antri.Yang paling rame  Mc Donald,yang kedua Cafe De Coral, ketiga Fairwood lalu Yoshinoya.Sedangkan yang paling sepi adalah toko tempat jualan alat-alat rumah tangga di Choiming Shoping Centre lantai atas,namun selama tiga setengah tahun saya berada didaerah ini toko ini masih kokoh berdiri.Tapi sayang aku tidak tahu nama toko ini karena tulisan dalam huruf china semua.Toko rame ataupun sepi banyak sekali faktornya.Bisnis atau usaha akan tetap terus tumbuh dan bertahan bila ada happy customer.Fast food lokal yang merupakan 3 terkemuka di Hongkong adalah Maxim`s MX,Cafe De coral dan Fair Wood. 

 
    Antrian diatas adalah di Cafe De Coral antara jam 13.25 sampai jam 14.00 hari jum`at.Saat itu semua kursi dan meja pada penuh (Ada sekitar 200 an kursi,saya hitung).Tapi saya tidak mengamati yang sedang makan itu berapa mereka membelanjakan uangnya disitu.Namun saya hanya mengamati dalam waktu 25 menit (Tidak bisa lama dalam mengamati karena sambil belanja,tidak libur) ada berapa banyak sih orang yang masuk dan membeli.Ternyata tak kurang ada 81 orang datang dan beli,rata-rata mereka menghabiskan uangnya di situ $40 (sekalian  minumnya).Jadi dalam waktu 25 menit ada pemasukan $3.240,coba kalau itu 24 jam berapa penghasilan yang didapat,padahal ini pada saat bukan public holiday.Kalau public holiday dijamin pasti tambah penuh.Pantas saja Cafe De Coral merupakan fast food lokal Hongkong yang terkemuka dan telah lebih dari 150 cabang dan sudah berdiri dan berkembang kurang lebih 40 tahun.Ciri khas dari Cafe de coral adalah menunya baked pork with rice ( kebanyakan orang hongkong makan babi). Namun ada juga menu-menu yang lain seperti foto dibawah ini.Sedangkan Fairwood saat aku mengamati memang fast food ini selalu upgrade image dan kwalitas terutama di tahun-tahun belakangan ini.Bahkan dikenal tanpa penyedap rasa (MSG).Menu yang paling banyak digemari dan produck khas disini adalah Rice with curry beef brisket in secret sauce.Tapi sayang tidak sempat foto menu ini jum`at kemarin.


     Salah satu image dari fair wood ini adalah lampunya pasti lain dari yang lain, gambar merknya fairwood nempel disitu dengan keunikannya.Foto lampu ini saya ambil dibawahnya persis.(foto diatas bagian kanan).
     Dalam hal keunikan dekorasi toko saya melihat beberapa yang berbeda dengan yang lainnya.Contoh salah satu toko bakery di mall tersebut membuat tembok depan dari potongan -potongan bambu yang ditata hingga membentuk tembok.Bahkan rak-rak tempat pajangan bakerynya pada bagian atasnya seolah ada gentengnya dari kayu.Foto dibawah.Namun di depan tembok dari bambu tersebut terlihat sangat tidak rapi.semisal ini ditata ulang tentu akan lebih indah dan sedap dipandang.
  Ada lagi tentang toko sepatu,salah satu toko ini membuat dekorasi yang menarik,dari kotak-kotak sepatu tersebut sebagai tempat pajangannya,namun tidak terlihat berantakan.Bahkan ada nilai seninya karena tidak asal di tumpuk saja.

      Jalan ke Supermarket,banyak sekali yang bisa di amati dan di pelajari dari caranya menyediakan banyak sekali kebutuhan para pelanggan.Penataan display yang sesuai dengan kemampuan jualnya.Foto dibawah kita bisa melihat bagaimana penantaan display yang sesuai dengan kategori,disana bisa tercipta blok-blok warna dari product yang dijual disitu.Ini memudahkan pelanggan untuk segera tahu dan menemukan barang yang dibutuhkan dari kejauhan.Price tag (label harga ) yang ada juga berfungsi sebagai penanda besarnya facing setiap produk tersebut.
Dari beberapa supermarket di mall ini yang banyak pengunjung dan pembelinya setelah saya amati adalah Park N Shop.Ini disebabkan barang yang dijual lebih lengkap dan belum ada di supermarket yang lain daerah saya. Mulai dari masakan,Fresh Sushi dan fresh bakery ada selain barang-barang yang dijual supermarket pada umumnya.Saya kira ini menarik karena kita bisa belajar dari situ,mana yang lebih lengkap pasti orang akan datang kesitu,berlama-lama disitu dan membelinya.Apalagi kalau ada sistem"Apa yang lo mau,gue ada"pembelian satu atap/one stop shoping yang membuat orang tidak usah ketempat lain,cukup di supermarket ini orang sudah bisa beli dan menikmati barang yang di inginkan.Lebih enak bukan? Tapi kemudian saya melihat di sebuah supermarket dalam penataan raknya sangat tidak nyaman untuk dilihat.Sebab disitu terlihat barang kosong dan tidak ditata kembali dengan baik.
Belum lagi gambar yang kanan tambah parah,sudah kosong malah terlihat raknya ada noda-noda hitamnya,kotor.Wahh....saya pikir ini nih yang perlu untuk di hindari.Satu lagi kalau ingin mendapatkan barang Indonesia di situ pasti belum tentu
ada.Harusnya di supermarket-supermarket ini bisa membaca peluang kebutuhan orang Indonesia apa lalu menyediakannya.Bukankah BMI sangat banyak di Hongkong?
     Dalam mengamati toko baju,asesoris,warehouse,toko elektronik/hp,alat-alat olahraga banyak sekali dari mereka yang justru tokonya berjejeran.Menariknya setelah saya amati oh bisa juga ini untuk menciptakan komunitas dan persaingan yang sehat sesama penjual yang sejenis.Mencipta komunitas agar pelanggan yang datang bisa leluasa memilih dan keluar masuk dari toko yang satu ke toko yang lain di area itu,tidak cocok di toko satunya bisa cocok dan membeli di toko yang sebelahnya begitu sebaliknya.Mencipta persaingan sebagai salah satu faktor pendorong untuk terus berinovasi tiada henti agar tokonya terus ramai &banyak yang membeli.Oh ya secara kebetulan sore hari jam 17.25 saya di suruh majikan beli daging,aku sekalian manfaatkan waktu tersebut untuk melihat keadaan mall itu.Ternyata pada saat itu ada beberapa toko baju yang memeperdengarkan music ditokonya.Padahal saat siang hari saya survei tidak ada sama sekali yang namanya suara music ditoko ini.Mugkin mereka melihat situasi kalau rame baru memperdengarkan music,kalau jam senggang tidak,dan juga untuk hemat listrik.Kebanyakan toko baju,memajang daganganya dengan digantung,agar mudah terlihat baik modelnya,warnanya dan menarik perhatian orang yang lewat agar masuk,mencobanya lalu membeli sebab sebagian toko baju bisa terlihat dari luar karena kaca.Ada juga yang di tumpuk namun tetap menggantungnya beberapa sebagai contoh dari baju yang ditumpuk tersebut.
     Beralih ke Convenience Store yaitu 7 eleven dan Ok.Ada banyak kedua toko ini di daerah saya.Meski toko ini relatif mahal namun selalu laku.Alasannya karena kebanyakan barang cepat diperlukan dan kemudahan dalam mendapatkanya,bab toko ini tersebar hingga pelosok Hongkong.Selain itu baik 7 eleven dan Ok menjalin kerja sama dengan berbagai pihak,misal dalam pembayaran tagihan telepon,listrik,tagihan bank (menurut cerita BMI yang pernah hutang pada bank sih),bahkan pembayaran potongan gaji para BMI semasa potongan 7 bulan itu,juga bisa dilakukan disini.Nah saya pikir Ok banget,meski rata-rata mereka tempat jualannya tidak begitu luas namun bisa bekerja dan memanfaatkan semuanya dengan maksimal.
     Dalam jelang pembelajaran kali ini saya harap tahap pemanasan pergi ke mall-mall di Hongkong ini bisa semakin memperkaya pengetahuan dan ilmu yang telah saya dapatkan serta terus mampu untuk memberdayakan diri.Enaknya jalan-jalan sambil belajar tidak lagi buang-buang belanja barang,yang ada bulatkan teka, langkahkan kaki ,teguhkan niat,wujudkan cita.Sambil menunggu kelas dimulai tanggal 7 Januari nanti.