Fungsi dari strategi pemasaran yang berkelanjtan diantaranya:
1.Untuk mengkomunikasikan informasi produk kita ke konsumen,mulai dari kelebihan produk kita,fitur serta berbagai informasi detail tentang produk.Misalkan ketika saya survei ke GUESS beberapa waktu lalu,para penjaga toko dan kepala toko memberikan informasi yang jelas terhadap produk yang sedang kami pilih-pilih termasuk juga harga.
2.Marketing berfungi untuk mengatur strategi misalkan harga,strategi produk,serta promosi akan menjadi senjata ampuh untuk menghadapi persaingan bisnis.Saat survei ke beberapa toko ritel baik produk,harga yang ditawarkan sangat berbeda-beda.Ada satu toko ritel "Bau haus" waktu itu yang semua produknya di jual dengan discount 70% .
3.Membangun merk/brand.
Pemasaran yang baik dan benar yang mengena pada konsumen akan secara otomatis menaikkan brand/merk usaha kita sebab akan semakin dikenal orang.
4.Membangun hubungan dengan konsumen sehingga konsumen menjadi lebih loyal.
Disni diperlukan SDM yang unggul,tidak asal memasarkan.Sebab kalau asal-asalan mana mungkin pelanggan bisa loyal.Contohnya (masih saat survei ke bau haus,para penjaga tokonya pasif apalagi menyambut dengan sapaan "selamat datang" pada pengunjung.Semuanya ndak dilakukan,jadi pengunjung yang datang dibiarkan masuk ya silahkan keluar ya silahkan,ibaratkan seperti itu.Sebab mereka hanya diam mengawasi tanpa berkata apa-apa.Semisal mereka aktif dengan memberdayakan kemampuan SDM nya pasti pelanggan yang datang akan makin antuisias.
5.Strategi marketing berperan untuk menjaga bisnis dalam jangka panjang,bisnis dalam jangka panjang sangat ditentukan oleh kekuatan merk,kualitas produk serta komunikasi pemasaran yang berkelanjutan.
Sedangkan strategi pemasaran itu adalah
1.Loyalitas keonsumen
2.Lokasi
3.Manejemen sumber daya manusia(SDM)
4.Sistem disktribusi dan informasi
5.Barang dagangan yang unik
6.Hubungn para pedagang
7.Layanan konsumen
terimakasih banyak, sangat membantu sekali nih...
BalasHapus